Senin, 09 Oktober 2017

PAKAN KELINCI

Pakan kelinci gampang gampang susah, jika salah memberi rumput yang terjadi kelinci anda bisa mati.
Maka jangan asal memberi rumput, pengalaman saya, saya memberi rumput segar besoknya 1 ekor langsung ada yang mati. Sediih bukan???hewan kesayangan kita mati sia sia.

Tetapi kalau ingin kelinci anda sehat dan gemuk-gemuk ada baiknya anda memilah pakan yang sehat dan bergizi buat kelinci anda. Di bawah ini adalah beberapa contoh pakan yang dapat anda jadikan alternatif pakan agar tidak terlalu monoton.

Pakan Pokok

Sayur/ Hijau-hijauan

Sebaiknya sayur/ hijau-hijauan yang akan di jadikan pakan dilayukanterlebih dahulu (untuk mempertinggi kadar serat kasar, menghilangkan getah/racun yang dapat menimbulkan kejang-kejang atau mencret). Jangan dicuci sebelumnya.

Contoh:

* Rumput lapangan (paling bagus rumput Timothy, pada bagian atasnya terdapat “ekor kucing”)
* Limbah sayuran (kangkung, sawi, wortel, lobak, kol, daun singkong), tapi membuat sering kencing.
* Daun kacang tanah
* Daun dan batang jagung,
* Daun papaya

Rumput

Kita dapat juga memberikan rumput awetan (dikeringkan secara bertahap) agar gizi tidak rusak. Rumput dipotong menjelang berbunga (saat hijau-hijaunya). Cocok untuk obati mencret (diberi 100% hay). Daun kacang-kacangan yang dilayukan lalu dikeringkan seperti hay, disukai kelinci.

Contoh (rumput untuk hay):

* Rumput gajah, pucuk tebu
* Rumput lapangan menjelang berbunga.
* Jerami layu.

Pakan Tambahan

Biji-bijian

Buju-bijian dapat digunakan sebagai makanan penguat, sangat cocok untuk kelinci yang lagi bunting atau sedang menyusui. Untuk kelinci muda sampai umur 4 bulan sebiknya diberikan 1.5 kg sayuran dan 4 kg bekatul/biji-bijian).

Contoh:

* Jagung, padi, gandum, kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau (digiling/ditumbuk dulu).
* Bekatul, ampas tahu, ampas kelapa.

Umbi-umbian

Sebagai pakan tambahan. Untuk singkong (umbi yang beracun/getah) sebaiknya direbus dulu atau dikeringkan (gaplek).

Contoh:

Ubi jalar, singkong, uwi, talas dan umbi-umbi lainnya.

Konsentrat

Untuk meningkatkan nilai gizi pakan dan mempermudah penyediaan pakan (jika sulit rumput). Tapi jangan lupa minum diperhatikan.

Contoh:

* Pelet (buatan pabrik)
* Bekatul, ampas tahu, ampas kelapa, gaplek

Kelinci < 4 bulan, sedikit hijauan, mengganti pakan bertahap (perut kelinci tidak kaget), atau cukup di kasih pelet dan daun pisang untuk sehari-hari.

PEMBERIAN MAKAN

Jam 6 sore sampai jam 7 pagi (kelinci biasanya makan sepanjang malam).

Siang hari boleh diberikan makanan tambahan secukupnya.

TAKARAN MAKAN

Seberat badan kelinci, diberikan sore hari.

Berikan 3-7 lembar per hari sayuran layu pada siang hari sebagai makanan siang. Sayuran yang baik adalah sosin/ceisim (sayuran untuk mie ayam) dan wortel. Sedangkan kangkung dan kubis (kol) baiknya dihindari karena kadar airnya berlebihan dan mengakibatkan urin berbau tajam.

Bijian, jagung muda, ketela pohon atau ubi jalar dapat diberikan malam hari, lewat pukul 10, tapi dapat juga diberikan pagi atau siang hari. Pelet kelinci dengan kadar serat standar sangat baik sebagai makanan pagi karena mengandung bijian dan serat. Jika tidak bisa mendapatkan pelet kelinci maka bisa menggunakan pelet unggas, meskipun harus hati-hati.

Komponen non-serat dalam pelet unggas relatif tinggi, sehingga kelinci tidak cukup bila hanya diberi pelet unggas. Harus ada tambahan serat dari rumput. Sekiranya pelet unggas tidak cocok segera tarik dan ganti dengan jenis lain. Jangan asal membeli pelet murah. Seandainya pelet sulit, dapat diganti bekatul/dedak yang dicampur dengan air. Perhatikan jangan sampai membusuk, dalam waktu kurang dari tiga jam harus habis dan bersihkan. Lebih dari tiga jam dapat berakibat diare.

Buah-buahan adalah pakan yang diperbolehkan tetapi hanya sedikit, karena dalam buah terdapat kadar gula yang bisa mengakibatkan metabolisme perut kelinci tidak beres. Asumsi kelinci tidak butuh minum karena kadar air dalam rumput mencapai 70%, adalah asumsi ngawur. Semua makhluk hidup butuh air minum. Kebutuhan tiap hari cukup setengah gelas. Usahakan memakai botol khusus supaya tidak perlu mengganti setiap hari. Kelinci yang jarang minum akan stres dan pertumbuhannya tidak baik serta gampang mati ketika terserang penyakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar