Senin, 27 Januari 2014


KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum  War.  Wab.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT., atas segala nikmat-NYA, Shalawat serta salam tidak lupa kami sampaikan kepad junjungan kita nabi Muhammad SAW., yang telah memberikan pencerahan kepada umat manusia dan Alhamdulillah dengan berbagai keterbatasan dan kekurangan yang ada “Proposal Pengajuan Pembangunan Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) pada santri di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Batuceper Tangerang telah dapat kami disusun.

Demi pembangunan manusia Indonesia seutuhnya sebagaimana yang diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945 negara Republik Indonesia sekaligus guna meningkatkan pemerataan pembangunan di semua sektor kehidupan masyarakat terlebih dalam hal penghidupan yang layak dan jaminan pendidikan bagi semua warga negara Indonesia, sekaligus sebagai persyaratan guna mendapat bantuan Pembangunan Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) pada santri di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Batuceper Tangerang  yang dapat mendukung terciptanya tujuan luhur di atas, maka proposal ini kami ajukan sebagai bentuk tanggung jawab Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Batuceper Tangerang dalam ikut serta memajukan pendidikan nasional sekaligus ketersediaan papan bagi segenap santri dan masyarakat Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Batuceper Tangerang

Akhirnya, Kami menghaturkan ucapan terima kasih tak terhingga kepada Menteri Perumahan Rakyat dan semua pihak yang ikut serta dalam proses dan pelaksanaan serta terselesaikannya proposal dimaksud, dan tak lupa kami haturkan do’a semoga Allah SWT., senantiasa memberikan keberkahan kepada kita sekalian.

Wassalamu’alaikum  War.  Wab.

                                                Jakarta, 10 Maret 2011

                                                Pimpinan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah
                                                Batuceper Tangerang


                                                            DR. KH. NOER MUHAMMAD ISKANDAR, SQ
                                                            Pengasuh




PROPOSAL


PEMBANGUNAN RUSUNAWA SANTRI
PADA

PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH 2
BATU CEPER TANGERANG













TANGERANG, MARET TAHUN 2011





Sekretariat:






DAFTAR ISI


            Kata Pengantar                                                                                               i
            Daftar Isi                                                                                                         ii

BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang                                                                                         1
1.2. Maksud, tujuan Pembangunan Rusunawa                                               2
1.3. Sasaran                                                                                                     3
1.4.







































PROPOSAL
PEMBANGUNAN RUSUNAWA SANTRI
PADA PONDOK PESANTREN ASSHIDDIQIYAH 2
BATU CEPER TANGERANG

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
        Peningkatan sarana dan prasarana Lembaga Pendidikan Islam (LPI) merupakan usaha yang sangat cocok dalam  membentengi generasi mendatang dari arus globalisasi budaya yang merusak moral dan prilaku anak didik serta untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
        Oleh karenanya, pendidikan harus menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing. Termasuk siswa, guru, pesantren, birokrat, orang tua, dan seluruh lapisan masyarakat harus bahu - membahu , bekerja keras untuk meningkatkan potensi sumber daya manusia Indonesia. Melalui pendidikan akan kita kembangkan SDM yang berpengetahuan, terampil, berbudi pekerti, sehat jasmani dan rohani, kreatif dan inovatif, dan Proaktif.
        Sumber daya manusia yang diidam-idamkan seperti di atas akan terlahir  dari rahim Pondok Pesantren yang  mampu mempertahankan budaya mutu. Hanya saja, untuk membentuk pesantren tersebut terpulang pada kemampuan dan kemauan manajerial pesantren dan stakeholders-nya untuk memberikan dukungan dan konstribusi program dan dana. Namun, belakangan ini konstribusi dana dari orang tua sebagai pemegang saham utama di pesantren tidak dapat lagi dijadikan tumpuan mengingat kondisi dan situasi ekonomi nasional yang tak kunjung membaik.
        Dampak dari hal di atas, seiring upaya pembangunan fisik pesantren sebagai penunjuang utama dalam membentuk kondisi lingkungan pesantren yang kondusif dan refresentatif untuk menimba ilmu terhambat. Seperti halnya di alami oleh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang, dalam peningkatan mutu akademik, pesantren sehat, Asrama santri yang aman dan nyaman. Pembangunan prasarana dan pengadaan sarana kegiatan dan fasilitas penunjang khususnya asrama untuk menginap para santri bagi program tersebut menjadi hal yang sangat mendesak untuk segera dibangun.

1.2.  Maksud, Tujuan Pembangunan RUSUNAWA
        Maksud dan Tujuan yang hendak dicapai dalam pembangunan Rusunawa santri di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batuceper Tangerang ini adalah terbentuknya pola kerjasama antara Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batuceper Tangerang dengan Kementerian Negara Perumahan Rakyat RI dalam mewujudkan sarana tempat tinggal /asrama santri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batuceper Tangerang yang layak, bersih dan nyaman sesuai dengan standar layanan umum rumah tinggal sewa sederhana pada umumnya, dengan spesifikasi tujuan diantaranya sebagai berikut:
a.     Menambah ketersediaan asrama bagi para santri baru menjelang tahun ajaran baru
b.     Meningkatkan kualitas peserta didik/santri;
c.      Mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar baik dari segi efektifitas pembelajaran maupun dari efisiensi waktu
d.     Menghilangkan citra kumuh dilingkungan pesantren.
e.      Mengoptimalkan ruang yang kurang produktif dilingkungan pesantren.
f.       Memberikan tempat tinggal yang nyaman, aman dan sehat bagi santri
1.3.  Sasaran Pembangunan RUSUNAWA
        Adapun sasaran dalam pembangunan Rusunawa santri di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batuceper Tangerang ini adalah para santri khususnya dan masyarakat pesantren pada umumnya yang terlibat dalam proses KBM, khususnya bagi para santri baru dari luar daerah jabodetabek yang hendak mukim sebagai sarana tempat tinggal /asrama santri selama menimba ilmu/belajar di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batuceper Tangerang.

















BAB II
DATA UMUM DAN AKADEMIS

2.1.  Data Umum
             2.1.1.  Kondisi Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batuceper
           Sebagai salah satu cabang dari sepuluh cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Perjalanan Panjang Pondok pesantren Asshiddiqiyah telah memasuki tahun ke – 26 dari kelahirannya tanggal 5 Juli 1985. Sebagaimana cita-cita pendirinya, KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah tumbuh berkembang menjadi benteng agama di wilayah Batuceper Tangerang dalam rangka mencetak santri yang berakhlak mulia, menguasai ilmu dakwah dan ilmu pengetahuan umum. Dengan demikian diharapkan santri Asshiddiqiyah menjadi pewaris para nabi yang mampu mengumandangkan bahasa dakwah di seantero dunia.
            Lahir dari tanah wakaf di tengah persawahan berdampingan dengan rumah penduduk yang cukup padat dan memiliki akses jalan yang kerap dijadikan jalan alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, berpacu dengan pusat-pusat industri dan sentra-sentra ekonomi masyarakat Kota Tangerang, sehingga dalam perkembangannya,  Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang sering menjadi tempat pertemuan dan kunjungan tamu-tamu dari dalam negeri maupun luar negeri. Even-even besar yang pernah dilaksanakan di Asshiddiqiyah antara lain, kunjungan dari Menteri Luar Negeri Kerajaan Inggris, pertemuan Cendikiawan Muslim sedunia yang tergabung dalam ICIS, pertemuan Badan Anti Narkoba sedunia yang diikuti oleh 46 negara, dan berbagai macam kegiatan yang bertaraf internasional. Keberadaan pondok pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang  memiliki peranan yang strategis dalam membawa nama baik bangsa ditengah pergaulan masyarakat di dunia.

        2.1.1.  Luas Lahan dan Lingkungan Pondok Pesantren
                  Asshiddiqiyah 2 Batuceper
         Berawal dari penyerahan tanah wakaf keluarga H. Ja’ani, seluas 9.400 M²,  kepada K.H. Noer Muhammad Iskandar, SQ., pada tanggal 12 Rabiul Awal 1404 H., dan diaktenotariskan pada tanggal 5 Oktober 1985 Notaris Ghufran Kamal, SH., dengan nama Yayasan Pondok Pesantren  Asshiddiqiyah, berkedudukan di Jakarta, Jl. Surya Sarana  No. 6 C, Sunrise Garden, Kelurahan Kedoya Utara RT.05/RW.11, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kemudian Pondok Pesantren Asshiddiqiyah memberanikan diri membuka lahan persawahan seluas 6 ha hasil wakaf dari keluarga H. Musa di wilayah Batuceper Tangerang sebagai cabang pertama yang di rintis oleh Asshiddiqiyah Jakarta, dan diberi nama dengan  Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang.
         Pada awalnya, mengawali pendidikan formalnya Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang dengan membuka Madrasah Tsanawiyah kemudian berkembang hingga tahun 2007/2008 ini Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batuceper Tangerang secara formal telah memiliki jenjang pendidikan klasikalnya mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs.), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madarasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Ma’had Aly. Adapun kegiatan-kegiatan

2.2.  Data Akademis

2.2.1. Data Santri/Siswa pada SMU

Tahun

Ajaran
Jml pendaftara Calon Santri Baru)
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
Jumlah
(Kls X+XI+XII)
Jml
Siswa
Jml
Romb
Belajar
Jml
Siswa
Jml
Romb
Belajar
Jml
Siswa
Jml
Romb
Belajar
Siswa
Rombel
Th
2008/2009
400Org
397 Org
15 Rbl
300

9

215

6

1095 Org
36 Rbl
Th
2009/2010
600 Org
580 Org
18 Rbl
397

15

315

10

1292 Org
41 Rbl
Th
2010/2011
205Org
650 Org
645 Rbl
580 Org
18 Rbl
397 Org
15 Rbl
1627 Org
52 Rbl












a) Data Ruang Kelas                                      b) Data Kondisi Ruang
Jumlah Ruang

Jumlah Ruang
Jml Ruang Yg Kondisinya Baik
Jumlah Ruang Yg Kondisinya Rusak
Kategori Kerusakan
Ruang Kelas  (asli) (a)
20

Ruang Kelas
16
4
70%
Ruang lainnya yang digunakan untuk/sbg Ruang Kelas (b) yaitu ruang
-

Perpustakaan
1


R.Lab TIK
1






Jumlah ruang kelas seluruhnya (a+b)
20 ruang







2.2.2.     Data Guru/Pegawai
Jumlah Guru/Staf
Negeri
Swasta

Keterangan

Guru tetap (PNS/Yayasan)
 Org
40 Org
40 Org
Guru Tdk Tetap/ Guru Bantu
- Org
2 Org
2 Org
Guru PNS Diperkerjakan (DPK)
10 Org
- Org
10 Org
Staf Tata Usaha
- Org
3 Org
3 Org














BAB III
GAMBARAN LOKASI DAN BANGUNAN


3.1.  Lokasi Rusunawa
                   Masyarakat sekitar relatif kondusif dan apresiatif terhadap kegiatan dan perkembangan pesantren, aktifitas masyarakat secara umum bergerak disektor perdagangan dan jasa. Interaktif antara pesantren dan masyarakat sekitar terjalin lewat berbagai kegiatan baik keagamaan seperti pengajian rutin, ekonomi seperti suplai makanan, bidang sosial, budaya, dan lain-lain, yang pada gilirannya membentuk satu sinergitas yang yang saling mendukung.  
                   Untuk itulah masyarakat sangat menyambut baik rencana pengembangan pembangunan Rusunawa Santri Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Batuceper Tangerang, sebab sedikit banyak akan mempengaruhi nilai ekonomis mereka.  Adapun geedung yang telah berdiri di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Batuceper Tangerang meliputi Gedung Asrama Putri dan Put  ra, Gedung Sekolah Putra dan Putri Ruang Praktikum, Masjid dan Musholla, Kantor, Rumah Pengasuh dan Swalayan. Namun demikian seiring dengan bertambahnya jumlah santri dan minat masyarakat terhadap Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Batuceper Tangerang,
                   Dari kenyataan tersebut, kami merasa sangat kekurangan asrama khususnya yang menampung dari luar jabodetabek dan anak-anak yang selama ini telah diberikan bea siswa. Karenanya perlu adanya penambahan gedung Asrama yang dapat menyelesaik  an permasalahan tersebut, adapun Lokasi rencana pembangunan Rusunawa di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah Batuceper Tangerang tersebut sebagaimana gambar di tersebut ini .
                                                    





                                           RENCANA LOKASI RUSUNAWA

















BAB IV
GAMBARAN KONDISI EXISTING


4.1. Gambaran Kondisi Lingkungan dan Aksesbilitas Pesantren
          Menyikapi perkembangan bangsa dan negara, serta kondisi sosial di masyarakat, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah mempertajam eksistensinya pada pembentukan Thaifah yang bertafaqquh fiddin sehingga pada gilirannya mampu menjadikan lulusannya liyundziru qaumahum idza rajau ilaihim agar tercipta kondisi masyarakat yang la’allahum yahdarun dengan terus melengkapi fasilitas sarana dan prasarananya dan melakukan berbagai upaya kependidikan dan sosial keagamaan dalam kerangka memberi manfaat terbaik bagi masyarakat umunya dan masyarakat sekitar pad khususnya.      
        Pada awal berdirinya lahir ditengah persawahan, namun siring perkembangan masa, kini Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batuceper Tangerang telah dipadati dan dikelilingi perumahan-perumahan baru dan rumah penduduk yang cukup padat. Kelebihan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batuceper Tangerang dari  memiliki akses jalan yang kerap dijadikan jalan alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, berpacu dengan pusat-pusat industri dan sentra-sentra ekonomi masyarakat Kota Tangerang, sehingga dalam perkembangannya ke depan melihat letak yang strategis tersebut  Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang terus mempercantik diri dan berupaya memberikan pelayanan dan menyediakan sarana dan prasarana umumnya secara lebih memada, sehat dan sesuai dengan standar layanan umum.



4.2.  Fasilitas Umum dan Sosial di sekitar Lokasi Rusunawa
        Seperti disinggung di atas bahwa aktifitas masyarakat secara umum bergerak disektor perdagangan dan jasa. Interaktif antara pesantren dan masyarakat sekitar terjalin lewat berbagai kegiatan baik keagamaan seperti pengajian rutin, ekonomi, suplai makanan, bidang sosial, budaya, dan lain-lain, yang pada gilirannya membentuk satu sinergitas yang yang saling mendukung.  
        Fasilitas Umum di sekitar lokasi pesantren relatif telah terpenuhi, disamping karena memang Batuceper telah menjadi penduduk yang cukup padat dan memiliki akses yang cukup dekat dan mudah menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, berkembangya pusat-pusat industri dan sentra-sentra ekonomi masyarakat Kota Tangerang, menbuat Batuceper jadi perhatian pemkot yang cukup serius terlebih dalam hal pemenuhan fasilitas umum dan sosial lainnya, terlebih Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 yang berada di Batu Ceper Tangerang ikut mendorong dan berperan penting dalam mengangkat dan menciptakan masyarakat batuceper yang kompetitif, berwawasan kebangsaan dan terbuka terhadap dunia luar, hal tersebut ditandai dengan seringnya  Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang menjadi tempat pertemuan dan kunjungan tamu-tamu dari dalam negeri maupun luar negeri. Even-even besar yang pernah dilaksanakan di Asshiddiqiyah antara lain, kunjungan dari Menteri Luar Negeri Kerajaan Inggris, pertemuan Cendikiawan Muslim sedunia yang tergabung dalam ICIS, pertemuan Badan Anti Narkoba sedunia yang diikuti oleh 46 negara, dan berbagai macam kegiatan yang bertaraf Nasional maupun internasional.
        Oleh karenanya selain tersedianya berbagai fasilitas Umum dan sosial yang disediakan oleh pemerintah Kota Tangerang, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang juga terus berbenah diri melengkapi dan meningkatkan sarana dan prasarana umum dan sosial yang dibutuhkan bagi pondok pesantren itu sendiri maupun bagi masyarakat sekitar, adapun fasilitas dan kegiatan sosial yang telah tersedia Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang adalah:

a.                 Lembaga Sosial
1.       Drugs Information Centre of Asshiddiqiyah (DICA)
2.       Badan Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (BAZIS)
3.       Pusat Penanggulangan Bencana Alam
4.       Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)
5.       Balai Kesehatan Masyarakat
6.       Santri Siaga Bencana

b.                Adapun Fasilitas Umum dan Sosial yang telah dimiliki oleh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang adalah
§  SQ Mart (Mini Market)
§  SQ Wartel dan Warnet
§  SQ Material (Bahan Bangunan)
§  SQ Water (Air Isi Ulang)
§  SQ Restauran
§  SQ Cafetaria.
§  Lapangan Olahraga (Basket, Sepak Bola, Futsal, Bulu Tangkis, Volley Ball, Tenis Meja)
§   Poliklinik

4.3.  Kondisi Ifrastruktur di sekitar lokasi RUSUNAWA
        Sejak awal berdirinya Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang merangkul berbagai pihak baik dari kalangan pejabat, pengusaha dan akademisi serta masyarakat umum untuk saling bahu membahu guna mempercepat perkembangan dan kemajuan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang di semua sektor. Itulah karenanya Alhamdulillah Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang diberikan kemudahan dalam mendapatkan dan menambah daya pasokan listrik jika memang hal tersebut dibutuhkan, selama ini dalam pasokan listrik Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang bekerjasama dengan PLN, demikian pula jika nantinya ada penambahan daya sebagai bentuk konsekuensi dari pembangunan RUSUNAWA tersebut disamping Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang telah menyediakan dan standbye 24 jam Generator Listrik yang sewaktu-waktu diperlukan dalam pemadaman.
        Berbeda dengan listrik, untuk persoalan Air bersih Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang menggunakan air yang bersumber dari tanah yang relatif masih memadai guna kebutuhan Mandi Cuci dan Kakus (MCK), Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang, dan jika pada nantinya akan dibangun Rusunawa maka perlunya menggunakan jasa PDAM dalam memenuhi kebutuhan air bersih yang layak minum guna kebutuhan memasak dan lainnya.  

4.4.  Land Use Lokasi Rusunawa
        Rencana lahan yang nantinya akan digunakan dan didirikan Rusunawa di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang adalah sementara ini kondisinya masih bersifat lapangan terbuka berhadapan dengan gedung sekolah Pondok Pes  antren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang, sementara lahan-lahan yang telah digunakan oleh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang adalah Gedung Sekolah, Rumah Pengasuh, Masjid dan Mushollah, Lapangan Olahraga, Kebon Anggrek, Asrama Santri, Swalayan, Cafetaria dan  Kios-kioas lainnya, yang lahan tersebut telah dijadikan oleh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang sebagai salah satu sumber ekonomi Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang.














BAB  V
RENCANA PENGELOLAAN RUSUNAWA


5.1. Badan/Unit Pengelola
      
        Manajemen Pengelolaan yang telah berjalan selama ini di Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang, lebih kurang pengelolaannya akan diadopsi sebagai rujukan dan melengkapi manajemen pengelolaan yang akan dibentuk khusus, satuannya dalam unit tersendiri, agar dapat berjalan dengan baik dan tidak mengganggu manajemen Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang yang sudah lebih berjalan selama ini, adapun detail rencana pengelolaan yang akan diterapkan adalah sebagai berikut:
1.            Lurah Asrama, Bertugas mengatur, membuat program pengembangan bagi penghuni asrama, mengevaluasi program yang dijalankan, dan memastikan program berjalan sesuai harapan, Lurah Asrama langsung bertanggungjawab kepada Pegasuh Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang.
2.            Kabag. Rumah Tangga bertanggung jawab dalam hal pengelolaan fisik bangunan, dan memiliki wewenang menjadualkan renovasi asrama, yang meliputi pengecatan, tembok, perbaikan/penggantian fasilitas yang rusak, serta mengatur jadual cleaning service berikut rekriutmentasi personalia yang dibutuhkan.
3.            Tentunya banyak sekali yang berminat untuk menjadi calon penghuni dari Rusunawa Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang, belajar dari pengalaman terdahulu, Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang senntiasa melakukan seleksi santri baru baik secara tertulis maupun interview.
a.     Adapun prosedur seleksi tersebut adalah meliputi:
·        Bagi setiap calon penghuni hagrus memenuhi persyaratan administrasi pada setiap jenjangnya (STTB/Pas Foto/Raport/Surat Kterangan Sehat/SKCK)surat keterangan Bebas Narkoba)
·         Calon Penghuni mengisi formulir pendaftaran yang telah tersedia
·        Seleksi administrasi dan Interview
b.     Kriteria Kelulusan
·        Prioritas Santri yang berasal dari daerah (luar jabodetabek)
·        Berasal dari keluarga Ekonomi lemah
·        Lulus Seleksi Adinistrasi

4.            Setelah dinyatakan lulus seleksi, maka Calon Penghuni berkewajiban membayar uang sewa dan menandatangi kontrak sewa dan tata tertib yang telah ditentukan oleh pengelola RUSUNAWA Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang.

5.2. Penentuan Besarnya Tarif
                           Besaran tarif yang akan diberlakukan bagi para calon penghuni           RUSUNAWA Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper           Tangerang, disesuaikan dengan kemampuan orang tua dari para     calon penghuni RUSUNAWA, adapun estimasi sewa tersebut        adalah berkisar sebesar Rp. 100.000.- (seratus Ribu Rupiah).


                           Adapun biaya maintenance/pemeliharaan dan perawatan gedung Rusunawa Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang akan dimasukan dalam rencana anggaran belanja tahunan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang.

5.3.  Indikator Keberhasilan
Indikator keberhasilan Pembangunan Rusunawa Santri  Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang adalah sebagai berikut adalah:
a.     Terwujudnya asrama santri yang layak pakai dan memenuhi syarat dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
b.     Meningkatnya peran dan daya saing santri dalam kehidupan bermasyarakat.  
c.      Terciptanya lingkungan yang bersih, indah dan nyaman.
d.     Terakomodirnya para santri yang kurang mampu dan memiliki prestasi tinggi.















BAB VI
PENUTUP


Dengan dibangunnya RUSUNAWA Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang,  sejalan dengan visi, misi, tujuan dan pola pendidikan dan perjuangan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Batu Ceper Tangerang, yakni selalu didasarkan pada orientasi dasar pondok pesantren tersebut. Yaitu mewujudkan, mendidik dan mempersiapkan santri-santri menjadi ilmuwan yang memiliki basis agama yang kokoh dan mandiri, mampu mengkomunikasikan ilmunya ke dalam bahasa masyarakat global dengan berperilaku akhlak mulia sebagai wujud pengabdian kepada Allah dan penerus risalah utusan-Nya serta sipa menghadapi perubahan zaman beserta segala macam tantangannya.

     Dengan pengajuan proposal ini, harapan kami dapat segera terealisasikan        dan mendapat dukungan penuh oleh Kementerian Negara Perumahan        Rakyat RI.

    

Tangerang,  10 Maret 2011
Pimpinan
Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2
     Tangerang



DR. KH. Noer Muhammad ISkandar, SQ
                                            Pengasuh





Nomor      : ......./A2/Ashd-2/III/2011                           Tangerang, 10 Maret 2011
Lamp        : 1 (satu) berkas
Perihal      : Mohon Bantuan Sosial
                   Untuk Pembangunan Rusunawa Pondok Pesantren

Kepada Yth.
Bapak Menpera Republik Indonesia
Di
        Jakarta

Assalamu’alaikum  War.  Wab.

Salam silaturrahmi kami sampaikan, teriring do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT., serta selalu sukses dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Amien.

Sehubungan dengan peningkatan sarana prasarana di Lembaga Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang, bersama ini kami mengajukan permohonan dana  Program Pemberian Bantuan Pembangunan RUSUNAWA pada Kementerian Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Untuk kelengkapan data kami lampirkan:

1.         Foto Copy Akta Notaris
2.         Foto Lokasi yang diusulkan
3.         Surat NPWP dan No. Rekening Pesantren
4.         Foto Copy Rekening Yayasan
5.         Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami haturkan terimakasih.

                                                                               
Pimpinan
Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2
Tangerang





DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ 
Pengasuh









SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN
                                      Nomor              : ......./A2/Ashd-2/III/2011                          

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah saya:

            Nama               : DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ   
            Jabatan                        : Pengasuh/Ketua Yayasan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2                                              Batuceper Tangerang

Bertindak atas nama:
            Nama Lembaga: Yayasan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2                                                                        Batuceper Tangerang
            Alamat                        : Jl. Garuda No. 32 Batujaya Batuceper Tangerang
            Telephon         : (021) 5512708, 5512709

Dengan ini menyatakan kesanggupan untuk memenuhi dan melengkapi administrasi yang telah ditentukan terdiri dari :
1.      Surat pernyataan kepemilikan dan penguasaan lahan
2.      Surat pernyataan menyediakan dan menyerahkan lahan dalam kondisi siap bangun
3.      Surat pernyataan bersedia memberikan jaminan tidak mengalihfungsikan bangunan
4.      Surat pernyataan bersedia dan mengelola rusunawa
5.      Surat pernyataan belum pernah menerima bantuan pembangunan Rusunawa




Tangerang, 10 Maret 2011

Pimpinan
Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2
Tangerang





DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ 
Pengasuh












SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN
                                      Nomor              : ......./A2/Ashd-2/III/2011                          

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah saya:

            Nama               : DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ   
            Jabatan                        : Pengasuh/Ketua Yayasan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2                                              Batuceper Tangerang

Bertindak atas nama:
            Nama Lembaga: Yayasan Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2                                                                        Batuceper Tangerang
            Alamat                        : Jl. Garuda No. 32 Batujaya Batuceper Tangerang
            Telephon         : (021) 5512708, 5512709

Dengan ini menyatakan kesanggupan untuk memenuhi dan melengkapi administrasi yang telah ditentukan terdiri dari :
1.      Bersedia untuk mengajukan permohonan dan biaya perijinan IMB
2.      Bersedia untuk menyiapkan detail Enginering Design (DED) atau menggunakan design prototype dari Kementerian Negera Perumahan Rakyat RI
3.      Bersedia untuk penyambungan air minum, listrik, dan jaringan komunikasi beserta biaya penyambungannya
4.      Bersedia menyiapkan/menyediakan meubeler dan
5.      Bersedia menyiapkan/menyediakan sarana, prasarana dan utilitas




Tangerang, 10 Maret 2011

Pimpinan
Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2
Tangerang





DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ 
Pengasuh



  


Nomor    : ......./A2/Ashd-2/V/2011                            Tangerang, 2 Mei 2011
Lamp        : 1 (satu) berkas
Perihal      : Mohon Rekomendasi / Dukungan
                    Untuk Pembangunan Rusunawa Santri

Kepada Yth.
Bapak Lurah Batujaya
Di
        Batuceper

Assalamu’alaikum  War.  Wab.

Salam silaturrahmi kami sampaikan, teriring do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT., serta selalu sukses dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Amien.

Sehubungan dengan peningkatan sarana prasarana di Lembaga Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang, bersama ini kami sedang mengajukan permohonan dana  Program Pemberian Bantuan Pembangunan RUSUNAWA SANTRI pada Kementerian Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Untuk itu kami mohon kepada Bapak Lurah Batujaya Batuceper Tangerang, kiranya Bapak berkenan memberikan Rekomendasi serta dukungan pembangunan Rusunawa tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami haturkan terimakasih.

                                                                               
Pimpinan
Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2
Tangerang





DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ 
Pengasuh












Nomor    : ......./A2/Ashd-2/V/2011                            Tangerang, 2 Mei 2011
Lamp        : 1 (satu) berkas
Perihal      : Mohon Rekomendasi / Dukungan
                   Untuk Pembangunan Rusunawa Santri

Kepada Yth.
Bapak Camat Batuceper
Di
        Tangerang

Assalamu’alaikum  War.  Wab.

Salam silaturrahmi kami sampaikan, teriring do’a semoga Bapak senantiasa dalam lindungan Allah SWT., serta selalu sukses dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Amien.

Sehubungan dengan peningkatan sarana prasarana di Lembaga Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2 Tangerang, bersama ini kami sedang mengajukan permohonan dana  Program Pemberian Bantuan Pembangunan RUSUNAWA SANTRI pada Kementerian Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Untuk itu kami mohon kepada Bapak Camat  Batuceper Tangerang, kiranya Bapak berkenan memberikan Rekomendasi serta dukungan pembangunan Rusunawa tersebut.

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami haturkan terimakasih.

                                                                               
Pimpinan
Pondok Pesantren Asshiddiqiyah 2
Tangerang




DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ 
Pengasuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar